KETERLIBATAN MAHASISWA KKN DALAM MUSRENBANGDES GROGOL 2019
Diposting pada tanggal : 2019-01-25 - oleh Stikom Banyuwangi | Share this article on
Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, pada awal tahun 2019 ini STIKOM PGRI Banyuwangi menerjunkan sejumlah mahasiswa dari prodi S1 Teknik Informatika untuk melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Grogol. Kegiatan utama dalam KKN yang diadakan di desa yang masuk ke dalam area Kecamatan Giri, banyuwangi itu adalah pendataan dan validasi Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) di sana. Namun tidak menutup kemungkinan pula peserta KKN dapat melaksanakan kegiatan tambahan lainnya yang dinilai sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat.

Pada hari Kamis (24/01/19) kemarin, peserta KKN pun mendapatkan kesempatan untuk terlibat dalam kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) Grogol. Pada kegiatan yang bertujuan untuk memperoleh mufakat terkait rencana pembangunan desa dengan mengumpulkan semua usulan dari tingkat dusun dan akan diajukan ke tingkat kecamatan tersebut para peserta KKN dilibatkan sebagai panitia dan ditempatkan pada beberapa pos. Ada yang bertugas di meja registrasi, pembawa acara, dirigen saat menyanyikan lagu nasional, pembaca ayat suci Al-Qur'an saat pembukaan, hingga menjadi notulen dan operator slide presentasi saat kegiatan musyawarah berlangsung.

Keterlibatan mahasiswa STIKOM PGRI Banyuwangi yang menjadi peserta KKN dalam kegiatan Musrenbangdes tersebut tentu memberikan pengalaman baru bagi mereka. Dalam kesempatan tersebut peserta KKN dapat mengimplementasikan ilmu yang telah diperoleh selama menjalani perkuliahan di kampus STIKOM sekaligus belajar hal baru dari interaksi mereka dengan masyarakat dan perangkat desa hingga SKPD lainnya. Panitia utama Musrenbangdes yang diwakili oleh Sekdes Grogol juga menyampaikan terima kasih kepada peserta KKN yang telah membantu pelaksanaan kegiatan tersebut hingga sukses dan lancar.