Penyangga Banjir di Desa Sambirejo Kecamatan Bangorejo
Diposting pada tanggal : 2017-12-20 - oleh Stikom Banyuwangi | Share this article on
Upaya Penanaman pohon merupakan solusi utama dalam mencegah terjadinya banjir dan untuk mendapatkan udara yang baik dan sehat untuk masyarakat. Salah satu daerah di kabupaten Banyuwangi yang seringkali terkena banjir ketika hujan yaitu di dusun Pasembon desa Sambirejo Kecamatan Bangorejo yang terletak di Banyuwangi bagian selatan. Salah satu penyebab terjadinya banjir yaitu karena kurangnya pohon besar yang mampu menyerap air dalam skala besar.

Di daerah sambirejo ketika musim hujan tiba, dan beberapa diantaranya cukup parah, masalah ini bisa diatasi dengan penanaman pohon, masalah cuaca dan hujan tidak bisa ditangani karena menyangkut alam, yang bisa dilakukan meupayakan agar air yang turun bisa terserap. Agar air bisa terserap maka jangan ada lahan gundul atau harus banyak hutan, kalau air terserap maka erosi ke sungai sedikit. Maka sedimentasi atau pendangkalan pada sungai juga sedikit maka kedalaman sungai terpelihara. Jika di bandingan dengan daerah di sekitarnya, dusun Sambirejo mengalami banjir yang cukup parah.

Untuk mengurangi banjir yang terjadi di daerah tersebut maka kami anggota MAPASWANGI berencana untuk menanami pohon asem, cemplong dan pohon rimba lainnya sejumlah 500 bibit yang di harapkan mampu bertahan lama dan menyerap air dengan banyak.