GOoGLE.org MENSPONSORI KEGIATAN BEBRAS INDONESIA DI STIKOM PGRI BANYUWANGI

image
Biro Bebras STIKOM PGRI Banyuwangi mengadakan Workshop Gerakan Pandai dan Computational Thinking bagi guru-guru SMP Se Kabupaten Banyuwangi.
Gerakan PANDAI merupakan program yang diselenggarakan oleh Bebras Indonesia dengan disponsori oleh Google.org dan mendapat dukungan dari Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan & Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Secara harfiah, “Bebras” adalah kata dalam bahasa Lithuania, yang berarti “berang-berang” dalam bahasa Indonesia. Prof. Valentina Dagiene dari Universitas Vilnius, Lithuania adalah yang mencetuskan gagasan Bebras Computational Thinking Challenge, yang saat ini diikuti oleh lebih dari 55 negara di dunia.
Bebras adalah sebuah inisiatif internasional yang tujuannya adalah untuk mempromosikan Computational Thinking (Berpikir dengan landasan Komputasi atau Informatika), di kalangan guru dan murid mulai tingkat SD, serta untuk masyarakat luas.
Cara untuk promosi adalah dengan menyelenggarakan kegiatan kompetisi secara daring (on line), yang disebut sebagai “Tantangan Bebras”. Tantangan Bebras bukan hanya sekedar untuk menang. Selain untuk berlomba, tantangan Bebras juga bertujuan agar siswa belajar Computational Thinking selama maupun setelah lomba.
Biro Bebras STIKOM PGRI Banyuwangi telah dipercaya oleh Bebras Pusat untuk membantu Gerakan Pandai, yakni pelatihan keahlian berpikir komputasional untuk 22.000 guru di 22 kota selama dua tahun. 
Terdapat 23 Sekolah jenjang SD dan SMP yang menjadi binaan Biro Bebras STIKOM PGRI Banyuwangi dalam pelatihan pembuatan soal Berpikir komputasi dan nantinya akan di uji cobakan kepada masing2 100 orang murid, di tiap sekolah